Begitu banyak pertanyaan soal usaha atau keuangan yang dipaparkan kepada calon pengusaha sukses (Mahasiswa). Jika kamu membaca artikel ini, berarti kamu termasuk orang yang memiliki jiwa usaha. Bagi kamu yang benar-benar ingin menjalankan suatu usaha, maka mulailah dari sekarang, mulailah dari yang kecil yang sesuai keinginan dan kemampuan Kamu. Nah berikut ada beberapa tips bisnis sampingan mahasiswa dari admin untuk kamu yang ingin memulai sebuah usaha.

1. Menjual Pulsa / Token Listrik

Peluang menjual pulsa atau token listrik bisa dikatakan sangat besar. Karena admin yakin rata-rata semua keluarga, teman dekat, teman kuliah pasti memiliki HP dan setiap HP pasti butuh pulsa. Untuk berjualan pulsa ini paling kurang kamu butuh modal sekitar Rp. 50.000. Dengan modal tersebut keuntungan yang kamu dapat per transaksi adalah kurang lebih Rp. 1.500. Nah coba kamu bayangkan apabila kamu mempunyai pelanggan baik teman di rumah ataupun di kampus minimal 10 / hari, kamu sudah bisa  mendapatkan keuntungan Rp. 15.000 / hari (itu untuk 10 org bagaimana jika 30 org / hari) ?. jika kamu tertarik menjual Pulsa / Token Listrik / Voucher Games / PPOB, kamu dapat mendaftar secara GRATIS !! melalui link partner uirpost, yaitu @21pulsa

Modal Min : Rp. 50.000

Keuntungan : Rp. 600.000 – 1.000.000 / Bulan

2. Menjadi Reseller / Droshipper

Jika kamu ingin berjualan tanpa modal, kamu dapat menjadi droshipper / reseller. Maksudnya yaitu kamu dapat menjual barang-barang orang lain kepada temanmu dengan harga yang lebih tinggi. Contoh kamu ingin berjualan baju, Maka kamu harus cari “Droshipper Baju Murah di Google”. Nah nanti kamu naikin harganya dan jual kepada teman medsos ataupun di dunia nyata. saran admin kamu harus mampu berjualan secara online melalui Fb, Instagram, BBM, atau toko online sendiri. kamu juga dapat menjadi reseller dengan membeli barang-barang dari marketplace ternama seperti Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia (Jika di kota besar gunakan Lazada agar free ongkir).

Modal : Rp. 0 – tak menentu (tergantung produk)

Keuntungan : tergantung banyak penjualan (30.000 – 100.000 / hari)

3. Membuat web / blog

Jika kamu memiliki keahlian membuat blog atau website. Kamu dapat memuat iklan di blog kamu tersebut. Contohnya blog uirpost.com ini, pada bagian atas dan bawah kamu lihat kan ada iklan. Iklan tersebut dipasang secara gratis dengan mendaftar di situs periklanan. Pembayarannya yaitu secara PPC (pay per click) dibayar per klik, berkisar 100-300 rupiah per klik. Bayangkan jika sehari ada 100 orang yang klik sudah dapat 10.000 – 30.000 rupiah / hari. Itu semua tergantung banyaknya jumlah pengunjung blog kamu. Admin sendiri rata-rata memperoleh 30.000 / bulannya (jumlah yang sangat sedikit) karena pengunjung belum cukup banyak. Namun selain PPC admin juga memasang iklan Popads, ya iklan popads yang mengganggu terus itu !!. Rata-rata pendapatan hampir sama dengan PPC.

Modal : Rp. 0 – 150.000 / tahun

Keuntungan : Rp. 30.000 – tak menentu / bulan (tergantung jumalah pengunjung)

4. Menjadi Agen Paid Promote Instagram

Mungkin masih banyak dari kamu yang belum mengerti apa itu Paid Promote. Paid promote yaitu kamu mengiklankan produk orang lain di Instagram kamu yang terkenal (memiliki banyak followers). Contoh : @indozone @ngakak_kocak @wow_fakta. Mereka memiliki followers yang sangat banyak, dan tahukah kamu biaya PP (paid promote) di Ig tersebut berkisar 400.000 – 1 juta / Foto / 1x Posting. Wawww bukan ??. Tentunya semua ini dilakukan dengan kegigihan dan keseriusan serta kesabaran. Selain instagram kamu juga bisa PP dengan FB, Youtube, Line@, dll.

Follow Instagram Uirpost.com : @uirpost

Modal : Paket Data

Keuntungan : 100.000 – 1 juta / foto

5. Membuka Jasa

Jika kamu memiliki kemampuan atau alat pendukung, maka kamu dapat menjual kemampuan kamu tersebut. Contoh :

  • Membuka Jasa Print
  • Instal Ullang Laptop
  • Pengetikan
  • Desain Web atau membuat blog
  • Desain Corel / Photoshop
  • dll
  • Modal : Rp. 0 – tidak menentu

    Keuntungan : Relatif

Nah itulah 5 usaha yang dapat kamu lakukan. Ingat jika kamu membaca artikel ini maka bisa dikatakn kamu memililki jiwa bisnis. Ayo mulai dari sekarang. mencoba lebih baik daripada tidak sama sekali. jangan takut gagal, janga pernah menyerah