Reza Nurhilman

7kfpp-reza-nur-hilman

 

Bagi yang belum mengenal nama ini, mungkin Anda lebih mengenal “kripik setan” Maicih. Ya, Reza Nurhilman atau yang sering disebut axl adalah nama pemuda yang berada di belakang produk keripik singkong ekstra pedas maicih yang populer itu. Reza memulai bisnis keripik singkong ini pada pertengahan 2010 seorang diri saat berusia 23 tahun dengan modal awal 15 juta rupiah. Untuk bisnisnya ini, ia menggandeng satu produsen keripik lokal di Bandung.

Reza mengawali bisnisnya ini dengan melakukan pemasaran sederhana, yakni melalui media sosial, Twitter dan facebook. sebelum mengembangkan sayap dengan menerapkan sistem keagenan yang menggunakan istilah Jenderal agar produknya bisa menggapai konsumen yang lebih luas. Para Jenderal ini memasarkan produknya dengan cara berkeliling atau nomaden.

Yang menjadi daya tarik maicih bagi para konsumen dunia maya yaitu karena maicih menggunakan istilah-istilah yang unik. Untuk para agen ia beri sebutan para “Jenderal”, sebutan “Emak” berarti pembuat keripik, sebutan “Cucu” berarti konsumen, sebutan “iciher” berarti penggemar keripik maicih, sebutan “Republik Maicih” untuk manajemen usahanya, dan terakhir sebutan “Tericih-icih” yang berarti bahwa rasa ketagihan karena pedas dan betapa enaknya keripik maicih Reza tersebut.

Pemuda yang lahir di kota Cimahi, Bandung pada tanggal 29 September 1987 ini mengaku kunci kesuksesannya terletak pada cara berpikirnya yang out of the box, yaitu dengan tidak membuka toko seperti kebanyakan penjual sehingga membuat produknya eksklusif.  Melalui Twitter dan facebook para jenderal memberitahu informasi lokasi penjualan setiap harinya. Cara pemasaran yang cukup unik ini terbukti berhasil mengangkat nama Maicih di dunia maya. Baru setengah tahun saja, omzet Maicih bisa mencapai Rp7 miliar per bulan. Angka yang fantastis, bukan?